Rabu, 22 Februari 2012

FromMyLibrary #1

Novel terbitan Gagas Media ini bercerita tentang persahabatan antara Samihi, seorang anak muslim dengan I Wayan Manik atauYanik yang tinggal di Desa Kalidukuh, Singaraja. Persahabatan yang diawali saat Yanik menolong Samihi saat akan dikeroyok oleh anak2 berandalan yang mencoba mencuri sepedanya.

Novel ini menawarkan begitu banyak pelajaran dalam kisah persahabatan berbeda agama ini. Saat Yanik membantu Samihi dalam berlatih untuk mengikuti kejuaran Qiraah di desanya. Caranya sungguh unik, Yanik mengajak Samihi untuk mendengarkan Bapak Tua yang mendendangkan Geguritan Bali, cara berpantun orang Bali dengan suara-suara yang dimainkan ritmenya. Geguritan lebih mirip nyanyian kidung yang bisa menjadi lagu.Yanik juga mengajaknya ke lomba Mekidung yaitu lomba menyanyikan puji-pujian akan Tuhannya pemeluk Hindu, juga kepada dewa-dewa yang harus dihormati.
 Diceritakan juga bagaimana Yanik menolong Samihi dari ketakutannya terhadap air laut, hingga pada akhirnya Samihi menjadi peselancar berprestasi.

Yanik memiliki rahasia masa lalu, ia pernah dilecehkan secara seksual oleh Wisatawan Asing yang awalnya bersikap sangat baik padanya.
Di dalam novel juga diceritakan tentang dampak tragedi bom Bali yang terjadi beberapa tahun yang lalu. Tragedi ini mengakibatkan kedua sahabat tersebut berpisah untuk beberapa lama.
 





Pokoknya ceritanya benar2 menyentuh  *hapus aer mata*
Penggambaran laut bali membuat gue jadi pengen kesana >___<  tapi buat jalan2 bukannya berselancar. :p



1 komentar: